Tips Menggunakan Linkedin

Mungkin Anda sering mendengar kata linkedin, atau sering membacanya di situs internet. Linkedin merupakan salah satu jenis media sosial yang paling mendominasi pada area profesional. Media sosial linkedin tidak seperti media sosial lain yang berfungsi untuk memperbanyak jaringan pertemanan secara luas. Linkedin digunakan untuk memperluas jaringan profesional seperti merekrut karyawan, mencari rekanan bisnis dan hubungan kerja lainnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Linkedin ?

Cara menggunakan Linkedin mungkin masih belum banyak diketahui oleh orang-orang secara umum. Untuk itu dalam artikel ini akan kami ulas tentang cara menggunakan linkedin. Bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh ketika akan membuat akun linkedin ini.

  • Tahapan Pendaftaran

Sebagaimana media sosial lain, linkedin juga harus melalui tahapan pendaftaran. Setelah melakukan pendaftaran buatlah profil Anda. profil merupakan gambaran diri Anda secara yang dapat menjelaskan siapa Anda. Buatlah profil yang baik karena profil akan membuat orang lain menilai diri Anda seperti apa. Setelah mendaftarkan diri Anda akan diminta untuk konfirmasi melalui email. Selanjutnya perluas koneksi kontak profesional untuk  mengenal orang lain yang ingin Anda kenal dan Anda inginkan untuk menjadi bagian dari jaringan sosial Anda. Jangan lupa untuk mengunggah foto profil yang menunjukkan profesionalitas diri Anda. cantumkan pula media sosial lain seperti Twitter atau blog yang Anda miliki. Semakin banyak informasi yang Anda berikan pada profil Linkedin Anda semakin bernilailah profil Linkedin Anda. Informasi seputar pengalaman kerja dan pendidikan yang Anda cantumkan akan membuat Linkedin merekomendasikan koneksi yang Anda perlukan.

  • Tahapan Mulai Menggunakan

Tahapan mulai menggunakan yang harus dilakukan pertama kali adalah meminta rekomendasi. Linkedin akan memberikan ijin kepada Anda untuk meminta rekomendasi yang sesuai dengan profil Anda. Selanjutnya adalah meminta perkenalan untuk menambah koneksi Anda. Lihatlah koneksi yang terhubung, lakukan koneksi jika memang Anda mengenal mereka. Anda juga dapat meminta rekomendasi kepada teman dalam jaringan Anda. setelah jaringan Anda mulai terbangun, maka perbaruilah profil Anda secara reguler.

  • Tahapan Menemukan Rekanan Kerja dan Mencari Kerja

Linkedin dapat membantu Anda menemukan pekerjaan. Media ini merupakan media terbaik untuk mencari jaringan kerja. Oleh sebab itu, pastikan selalu bahwa profil Anda selalu terupdate dan tunjukkan sisi terbaik dari diri Anda. Namun Anda harus ingat, walaupun Anda ingin menunjukkan sisi terbaik dari diri Anda, Anda tidak boleh berbohong terhadap isian resume atau ringkasan tentang diri Anda. Calon pemberi kerja pasti akan mengecek profil linkedin Anda, walaupun linkedin biasanya telah membuat rekomendasi namun para pemberi kerja pasti tetap akan mengecek ulang profil Anda, untuk mengetahui lebih detail siapa Anda.

  • Tahapan Perekrutan

Untuk Anda yang ingin merekrut beberapa pekerja linkedin dapat membantu Anda menemukan kandidat dengan spesifikasi kemampuan yang detail. Linkedin akan membantu Anda untuk menargetkan orang dari berbagai jenis perusahaan. Linkedin juga akan membantu para pencari kerja dan menambah koneksi kerja dengan sangat optimal. Untuk tahap perekrutan ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Anda tidak akan berhasil memeroleh pekerja yang bagus jika Anda hanya melihat dari segi kemampuan yang masih sangat umum atau belum spesifik, lulusan baru yang belum memiliki pengalaman namun jika memang Anda ingin mencari fresh graduate hal ini dapat menjadi pertimbangan, serta pekerja paruh waktu.

  • Tahapan Mendapatkan Penjualan

Linkedin ini akan sangat membantu Anda dalam bidang penjualan karena dapat menghubungkan berbagai perusahaan mulai dari yang terkenal hingga yang tidak terkenal sekalipun, melakukan penjualan produk secara besar-besaran.  Linkedin juga dapat digunakan sebagai referensi penjualan.

  • Tahapan Branding

Tahapan selanjutnya adalah personal branding. Linkedin akan menampilkan sesering apa profil linkedin Anda dikunjungi dan masuk dalam daftar pencarian di Google. Dalam membangun personal branding yang penting adalah jangan terlalu banyak menambahkan orang yang tidak dikenal, tetapi buatlah jaringan melalui kontak Anda sendiri. Profil dalam linkdn sangat jarang mendapat komentar sebagaimana layaknya Facebook tetapi akan sering terbaca oleh pengguna lainnya. jadikan diri Anda sebagai influencer, menjadi influencer akan membuat Anda memiliki kesempatan untuk menulis blog mini.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Linkedin ?

Dalam membuat akun linkedin Anda harus melakukan beberapa tips berikut agar sukses. Simak uraiannya berikut ini.

  • Linkedin akan merekomendasikan pengguna dengan profil yang lengkap. Jadi buatlah profil Anda selengkap mungkin. Lengkapi semua isian yang diberikan mulai dari foto, identitas, resume tentang diri Anda, kemampuan spesifik yang Anda miliki. Dengan memberikan isian profil secara lengkap maka linkedin akan merekomendasikan Anda kepada jaringan yang luas, sehingga kesempatan Anda untuk memeroleh pekerjaan melalui jaringan ini pun lebih luas lagi.
  • Untuk menjadi anggota linkedin tidak dikenakan biaya. Jika Anda ingin membaharui profil Anda secara reguler dan update maka linkedin menyediakan fitur tambah level yang bisa Anda gunakan. Level tambahan akan memberikan fitur-fitur baru.
  • Jangan lupa untuk menuliskan pernyataan profil linkedin Anda, tulis deskripsi dari pekerjaan dan pengalaman kerja yang pernah dilakukan. Hal ini akan membantu Anda untuk direkomendasikan dengan jaringan yang sesuai dengan bidang keahlian Anda. Ingat perusahaan atau para perekrut pekerja akan lebih mencari pekerja dengan kemampuan yang spesifik dan untuk beberapa perusahaan juga biasanya mencari pekerja yang telah berpengalaman.

Itulah beberapa tips dan langkah yang dapat dilakukan untuk menggunakan linkedin untuk memperluas jaringan dan mencari pekerjaan.